\

Should I Tell My Goals in 2020?

thumbnail

Iya, emang itu rencananya. Postingan kali ini sebenernya untuk ngasih tau apa aja goal gue di tahun 2021 (iya, bahkan bukan 2020).

Gue bukan orang yang takut menceritakan apa yang gue rencanakan, udah sering banget gue ngelakuin itu, waktu 2009 awal gue kuliah, waktu 2014 awal kerja, gue udah sering cerita tentang plan hidup gue ke orang-orang.

Pada nyatanya, tentu banyak banget kegagalan yang gue lakuin, yang udah gue omongin ke orang-orang. Meski begitu, karena gue sering gagal, jadi gue gak terlalu malu untuk menunjukan kegagalan. Seenggaknya gue udah nyoba kan?

Sampai akhirnya gue nonton video youtube ini.

Kalo lo males nontonnya, video itu menceritakan tentang ada 2 group of people, mereka diminta untuk menulis goal mereka di sebuah kertas. Lalu salah satu grup diminta untuk memberitahu goal mereka dan grup satunya lagi tidak.

Lalu mereka diminta mulai mengerjakan goal mereka saat itu juga. Setelah 45 menit, hasilnya ternyata menarik.

Dengan waktu yang sama, hasil lebih bagus justru didapat dari grup yang tidak memberitahu goalnya.

Ternyata setelah dianalisa, grup yang telah memberitahu goal mereka, punya kecenderungan puas yang lebih cepat. Mereka baru memulai, padahal belum ngapa-ngapain, tapi sudah ngerasa progressnya bagus dan sudah dekat dengan tujuan mereka. Padahal enggak!

Well, merasa cepat puas itu sangat mirip dengan kondisi yang sering gue alamin. Banyak goal yang gue kerjaan, padahal belom selesai, tapi gue udah stop karena udah puas.

Ternyata, kejadian / kegagalan yang selama ini gue alamin, bisa jadi karena gue telah memberitahu goal gue ke orang-orang, sehingga ngebuat gue ngerasa lebih cepet puas saat ngelakuinnya.

Now, I’ve changed! Meski 2020 sudah bentar lagi, tren ngasih tau resolusi tahun depan udah mulai naik. Tapi sepertinya untuk kali ini, I’ll keep my mouth shut (and also my fingers).

Maybe you should too.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top