\

Manis dan Asamnya Memberi Senyum

Memang kita sering dengar bahwa senyum adalah ibadah, dengan senyum saraf-saraf pipi kita jadi lebih rileks, dan memberi kita kebahagiaan, tapi respond orang menerima senyum dari kita belum tentu sesuai dengan yang kita harapkan, biasanya kita ingin senyum kita dibalas dengan senyum juga, bukan dengan pura-pura gak liat atau muka jutek.

Pernah gue lagi jalan naek motor buat pulang sekolah, gue ngeliat temen cewe sekelas gue, awalnya gue ragu buat ngasih senyum karena orangnya jelek, tapi yaudah gue kasih senyum aja. Eh..Orangnya pura-pura gak liat gitu, sialan tu cewe, udah jelek, jutek pula. Senyum gue mahal tuh, gak gampang gue kasih senyum ke orang, eh ini malah sok gak kenal.

Terus pernah juga gue waktu itu mau Shalat Jumat, pas masuk mesjid, gue langsung Shalat Sunnah Qobliyah. Setelah Shalat, gue langsung liat kiri-kanan, mengajak salaman dan memberi senyum kepada bapak tua disebelah kiri, eh..Dia malah manyun aja, gak ngebales senyum gue, dan gak ngomong apa-apa.

Tapi ya gak semua senyum gue gak dibales, gue gitu. Waktu dimesjid, gue juga pernah senyum ke anak muda kayak gue tapi nampaknya orangnya alim banget, pake baju muslim, pake peci, dan mukanya emang asik banget. Dia pun membalas senyum gue dengan sangat lepas dan sedikit tertawa. Rasanya damai banget dan ingin terus senyum padahal gak ada orang.

Waktu itu gue juga lewat gang kecil di daerah Adhikarya Kelapa Dua, jalan itu cuma bisa dilewatin 1 mobil kijang. Dan di gang itu ada pertigaan, gue mau belok kanan, ternyata ada mobil yang dari arah tersebut, langsung aja gue minggir dulu dan senyum sembari memberi sinyal kepada supir untuk jalan duluan. Tapi orang itu malah senyum balik dan mempersilahkan gue buat jalan duluan, akhirnya gue jalan dan senyum sambil bilang terima kasih.

Itu lah manis dan asamnya senyum kepada orang lain, kadang dijutekin tapi kalo dibales tu rasanya enak banget, damai hati ini. Selain sangat bermanfaat dan berpahala, senyum juga sangat ampuh dipakai untuk berkenalan dengan orang dan orang itu juga pasti akan menganggap kita ini orang baik. Karena senyum juga sangat ampuh dipakai buat berkenalanan, pastinya senyum itu adalah hal yang pertama kali harus dilakukan kepada calon mertua hehe..gak harus calon mertua juga sih, bisa dengan orang tua siapa pun.

Jadi, kita harus senyum kepada siapa pun untuk memberi kesan baik kepada semua orang dan kita juga harus bisa membuat semua orang tersenyum.

One thought on “Manis dan Asamnya Memberi Senyum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top