\

Evaluasi dari 30 Hari Kita Berpuasa

Sebelumnya gue mau ngucapin selamat hari raya Idul Fitri 1430H/2009M, taqobbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

Banyak orang yang begitu bahagianya dengan datangnya Idul Fitri ini, ntah karena terbebasnya mereka untuk menahan nafsu atau memang mereka bahagia karena dapat bertemu lagi dengan kesucian yang benar-benar suci. Ada juga orang yang sedih karena berpisahnya dengan Ramadhan. Dan ada juga yang pura-pura sedih dan/atau senang dengan harapan biar dibilang alim atau apa lah.

Semua tergantung cara pandang mereka masing-masing dan tidak ada baiknya bila kita terus mengkritik orang, maka sesuai dengan judul artikel ini gue mau ngajak kita semua buat berevaluasi dari apa yang telah kita lakukan sebulan kemarin, di bulan Ramadhan.

Mulai dari diri gue sendiri, gue ngerasa gue yang ada di Ramadhan kemarin adalah gue yang paling ancur, ancur seancur-ancurnya. Rasanya gak ada satu kebaikan pun yang gue lakuin di bulan Ramadhan kemarin, walau alhamdulillah puasa dapet semua tapi gue ngerasa lebih dari 50% puasa gue gak diterima karena ada satu hal buruk di diri gue yang gak bisa gue tahan, yaitu nafsu marah (pasti udah pada ngeres, ya? Haha..).

Gue gak tau kenapa ada yang berubah dari diri gue, gue gak seceria dulu dan terlihat lebih seperti orang yang sombong padahal gue gak punya apa-apa buat disombongin. Sering banget berselisih ma temen, tapi gue yakin itu bukan salah gue, itu karena mereka yang gak ngehargain gue. Terus? Akhirnya gue sekarang jauh deh sama mereka (temen di kampus).

Childish banget ya? Ada dua hal yang bisa gue duga dari hikmah kejadian itu. Pertamax, gue mang gak bisa nahan emosi. Keduax, kedewasaan gue bertambah di bulan Ramadhan kemarin sehingga gue jadi orang yang lebih serius akhir-akhir ni (Maksud?).

Tapi apa pun itu, yang penting gue harus memperbaiki sifat buruk gue itu, karena gue gak bisa kalo kayak gini terus, gue ngerasa gue tu hidup cuma sendiri di dunia ini. Moga Allah membantu gue untuk dapat berubah jadi lebih baik lagi.

Mungkin itu cuma segelintir kisah gak penting, gak jelas, n gak nyambung dari gue yang diharapkan bisa dijadiin contoh buruk yang gak patut ditiru buat lw semua. Coba lw pikirin lagi apa yang udah lw lakuin di bulan Ramadhan kemarin, apa ada perubahan dari diri lw? Kalo belum, ya coba evaluasi diri lebih dalem lagi ampe lw ngerasa nyesel banget. Insya Allah kita semua akan diberi jalan untuk keluar dari hutan kelam masa lalu ini.

One thought on “Evaluasi dari 30 Hari Kita Berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top