\

Definisi Pencitraan

thumbnail

Huddleston dalam (Buchari Alma, 2008:55) memberikan definisi atau pengertian citra dengan mengatakan sebagai berikut :”Image is a set beliefs the personal associate with an Image as acquired trough experience”. Artinya: citra adalah serangkaian kepercayaan yang dihubungkan dengan sebuah gambaran yang dimiliki atau didapat dari pengalaman. Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2014/06/02/apa-itu-pencitraan–656262.html

Itu artinya pencitraan didapat dari apa yang sudah kita lakukan. Misal kita melakukan hal-hal yang baik maka citra akan baik dan begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, pencitraan hukumnya sah-sah saja bagi semua orang.

Misal saya pengen kepilih jadi walikota Depok, lalu saya kuliah dengan benar dan mendapat IPK lebih dari 3 lalu saya bekerja dengan giat, aktif di organisasi masyarakat Depok dan banyak memberi kontribusi yang positif, sampai akhirnya saya terpilih menjadi walikota Depok. Pencitraan? Yes! Sah? Yes!

Gak ada yang salah dari pencitraan, yang salah itu adalah ketika melakukan pencitraan palsu atau pencitraan semu. Misal saya orasi bahwa saya aktif di masyarakat padahal saya anti-sosial dan saya memiliki mahasiswa yang giat padahal IPK gak nyampe 3. Itu pencitraan semu.

Nah! Itu lah yang jadi rancu di masyarakat, ketika melihat politisi muncul di koran, internet, dan TV kebanyakan langsung nge-judge kalau itu pencitraan (semu). No, guys! Open your eyes! Pencitraan itu halal asal nyata, bukan semu.

Misal kamu ngeliat politisi di koran, dia bilang, “saya akan membangun 7 gunung tinggi di Indonesia!”. Dari kalimat itu terlihat bahwa sifatnya masa depan, bukan apa yang sudah dia lakukan, nah itu pencitraan semu.

Misal kamu ngeliat politisi di koran, koran tersebut menjelaskan apa yang telah dia lakukan di masa lalu, perubahaan yang dia lakukan di perusahaannya, dan prestasi-prestasi yang sudah dia raih. Pencitraan? Yes! Nyata? Yes!

So guys, jangan terlalu anti dengan kata pencitraan, semua orang ngelakuin pencitraan, selama pencitraannya nyata, kamu harus dukung!

Sumber gambar: www.sukadi.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top