\

Kenapa Blackberry di Blokir?


*Sebelumnya, terima kasih untuk ivy (link broken) yang telah mengkoreksi kesalahan saya.

Kalau ngeliat artikel-artikel orang pada formal dan banyak juga yang plagiat. Jadi, saya nulis dengan bahasa saya sendiri ya.

Latar belakang saya adalah seorang mahasiswa teknik telekomunikasi yang tentu harus up to date dengan yang namanya dunia per-telekomunikasi-an. Beberapa hari gak buka facebook dan kompas online, saya sangat kaget kalau ada berita berita baru bahwa blackberry akan segera di blokir.

Kenapa blackberry begitu berbahaya? Sebab blackberry tidak bisa disadap, simple. Jadi, pemerintah negri manapun (kecuali canada, karena pabriknya) tidak dapat memantau aktifitas para blackberrier (istilah untuk pengguna blackberry versi saya). Dengan begitu, kemungkinan besar aktifitas teror dapat dilakukan dengan menggunakan blackberry.

Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia sudah memblokir beberapa layanan blackberry seperti email, web browsing, dan lain-lain. Kenapa? Karena pemerintah negara tersebut tidak dapat memantau pengguna blackberry, tidak bisa disadap.

Kenapa gak bisa disadap? Karena ketika kita melakukan aktifitas dengan blackberry, maka itu akan tersimpan di database yang berada di amrik, bukan di negara pengguna blackberry tersebut. Jelas saja Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia ketakutan.

Bagaimana dengan India? India ternyata sudah mendapat izin dari RIM untuk memonitoring penggunaan blackberry di negara tersebut. Jadi, India sudah bisa dibilang aman dari serangan teroris yang menggunakan blackberry. Salut buat India !

Apa? Apa? Indonesia? Hmmm..Dari artikel yang saya baca di blog tetangga, menkominfo meminta RIM untuk membuat database di Indonesia. Jadi, Indonesia dapat memantau aktifitas pengguna blackberry. Solusi yang cukup bagus, bisa jadi lebih baik daripada India tapi tentu lebih merepotkan karena membuat database itu kan butuh waktu, tenaga, listrik, uang, dan lain-lain.

Jadi, apapun yang terjadi mari kita dukung menkominfo Indonesia untuk meminta RIM membuat database di Indonesia agar blackberry tidak di blokir di negara ini.

Kalo ada salah info atau hal yang tidak berkenan, mohon maaf karena saya masih newbie di dunia telekomunikasi.

14 thoughts on “Kenapa Blackberry di Blokir?

  1. @ichal: wkwkwkkw..ane malah gak tertarik sama blackberry, teknologinya kan masih 2G, mending cari hp len yg udah 4G 😀 wkwkkwkw..

    @noor: sama2 mbak 🙂

  2. untungnya ane ga punya blackberry

    Salam kenal ya…
    terimakasih sudah mampir ke blog ane
    link-nya sudah terpasang, silahkan di cek….
    terimakasih….

  3. @antaresa: kan BB gak di blokir di Indo, cuma kita minta RIM buat bikin database disini. Kalo yg di Arab, ya mereka gak bisa online lagi 😀 tapi sms n telpon masih bisa lah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top